Kabarnya Tol Trans-Jawa Terhubung, Pemudik Angkutan Darat Diprediksi Naik Jadi 8,8 Juta

Musim mudik 2019 ini, diperkirakan banyak pemudik yang memakai angkutan darat. Ini sebab telah terhubungnya tol Trans Jawa. Karenanya, Kemenhub mulai menggeber publikasi mudik aman.

Tahun kemarin pemudik yang memakai angkutan darat sampai 4.509.601 orang atau naik 2,97 % dari 2017 yang sampai 4.379.508 orang.

Dengan selesainya tol dari Jakarta sampai Surabaya, Litbang Kemenhub meramalkan jumlahnya penumpang yang memakai mobil serta bus sampai 8,8 juta orang. Lihat angka itu, Ditjen Perhubungan Darat lakukan kampanye keselamatan. Kampanye yang diawali Jumat lalu itu akan dikerjakan bergiliran ke kota-kota lain.

“Buat yang akan mudik Lebaran memakai kendaraan pribadi, kami informasikan jika jalan tol bukan hanya satu pilihan mudik. Jalan arteri sudah ada dengan situasi baik yang bisa dipakai untuk mudik aman serta selamat,” kata Direktur Fasilitas Transportasi Jalan Sigit Irfansyah seperti diambil dari Jawapos.

Terdapatnya jalan tol yang tersambung tidak bermakna pemudik harus berkendara tiada henti. Menurutnya, baiknya tiap empat jam pengemudi harus beristirahat. Itu dikerjakan tidak cuma untuk jaga situasi fisik pengemudi, dan juga kendaraan. “Taati rambu jalan raya ,” papar Sigit.

Menurutnya, dengan jaga ketertiban berlalu lintas, keselamatan diri kita sendiri serta pengendara lain akan terbangun. Kecepatan di jalan tol juga butuh terarah. Di tiap jalan tol telah terpasang berapakah kecepatan baiknya.

Kampanye mudik aman itu diawali di Jakarta. Persisnya di Bundaran HI. Dalam kampanye keselamatan, Ditjen Perhubungan Darat bagikan brosur panduan mudik selamat dan penyampaian pesan keselamatan jalan raya lewat banner. Harapannya, warga memperoleh edukasi budaya teratur berlalu lintas.

Dari angkutan darat, Perusahaan Otobus Cahaya Jaya telah siap menyongsong musim mudik Lebaran. Direktur PO Cahaya Jaya Teddy Rusly mengatakan, faksinya akan tingkatkan service penumpang dan armada. Hal tersebut dikerjakan jadi suport untuk mudik dengan aman.

Semua armadanya akan lewat tol trans-Jawa. “Untuk unit, kami buat persiapan semaksimal mungkin sesuai situasi pengemudi. Serta mengharap arus mudik terpecah jadi beberapa waktu,” terangnya.

Buat calon pemudik dengan angkutan darat, Teddy menyarankan memakai angkutan umum sah dengan pelat polisi berwarna kuning. Dengan demikian, keamanan serta keselamatan penumpang lebih terjamin sebab mendapatkan asuransi dari pembelian ticket.

Tahun ini PO Cahaya Jaya lakukan penjualan ticket berdasarkan data jati diri diri hingga bisa kurangi praktek calo yang tidak bertanggungjawab. “Jadi, minta kerja samanya untuk menyiapkan kartu jati diri. Belilah langsung lewat agen sah perusahaan angkutan umum itu atau aplikasi jual beli ticket,” jelas Teddy.

Angkutan Hawa

Ditjen Perhubungan Hawa lakukan publikasi. Maskapai disuruh mengoptimalkan service pada calon penumpang. Diluar itu, keharusan untuk edukasi serta publikasi sesuai dengan PM No 185 Tahun 2015 mengenai Standard Service Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Hawa Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Edukasi yang diberi maskapai mencakup standard service sebelum penerbangan (pre-flight) serta standard service sepanjang penerbangan (in-flight). Diluar itu, standard service sesudah penerbangan (post-flight).

Direktur Jenderal Perhubungan Hawa Polana B. Pramesti beehumblewithme.com menerangkan, satu diantara konsentrasi angkutan Lebaran tahun ini ialah mengoptimalkan service serta on-time performance (OTP).

“Kami mengharap angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan mulus serta tidak ada masalah relevan baik dari bagian keselamatan, keamanan, atau service,” tuturnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *