Mari Ngabuburit Syahdu di Lokawisata Baturraden Banyumas

Awan mendung menggantung di langit, diatas perbukitan hijau yang sebagian puncaknya tertelan kabut pada sore pertengahan bulan Ramadan di Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Gerimis yang hadir sesudahnya tidak kurangi romantisme di tempat wisata itu, jadikan rintiknya seperti nyanyian merdu yang memecah kesunyian.

Cuaca yang dingin, berpadu dengan nada gemericik air kolam, serta angin yang menghempas di pohon-pohon, meningkatkan syahdu situasi.

Dari salah satunya pojok gazebo, tampak hamparan pemandangan yang indah, serta beberapa wisatawan yang tidak memperlihatkan muka capek.

Seolah, pesona Baturraden masih menarik minat wisatawan, walau sebagian salah satunya mungkin saja tengah menggerakkan beribadah puasa Ramadan.

Dikutip Pada, salah satunya pengunjung yang sore itu tampak repot mengejar-ngejar anak balitanya, Ita (31) menyampaikan dianya menyengaja hadir ke Lokawisata Baturraden untuk ” ngabuburit ” bersama dengan keluarga.

Dia, serta suaminya tengah menggerakkan beribadah puasa, tapi mereka pilih berwisata ke Baturraden sekalian ngabuburit bersama dengan anak-anak mereka.

Hawa Baturraden yang sejuk, menurutnya, pas jadi tempat wisata untuk didatangi waktu bulan puasa. Ditambah lagi, didalam tempat Lokawisata Baturraden banyak juga tempat untuk beristirahat hingga mereka yang berpuasa dapat rehat sesaat waktu capek.

Pengunjung Lokawisata Baturraden yang lain, Yudi (28) menyampaikan tempat wisata itu begitu pas untuk wisata keluarga.

Banyak ajang yang menarik untuk anak-anak hingga akan membuat mereka kerasan terlalu lama bermain di tempat itu.

Dia juga menyampaikan jika sepanjang bulan Ramadan 2018 ini dianya serta keluarga telah lebih dari 1x mendatangi tempat wisata Baturraden.

Selain itu, salah satunya karyawan yang bekerja di pintu masuk Lokawisata Baturraden, Maskuri, menyampaikan pada bulan Ramadan 2018 banyak pengunjung yang hadir ke tempat wisata itu. Bahkan juga beberapa dari mereka telah datang semenjak jam 10. 00 WIB.

Jumlahnya pengunjung sepanjang bulan Ramadan 2018 ini, katanya, rata-rata seputar 100 orang lebih /hari.

Sambut Lebaran Kepala Unit Pelaksana Tehnis Lokawisata Baturraden Joko Haryanto memprediksi pengunjung tempat wisata itu akan melonjak dengan cara berarti waktu libur Lebaran 2018 yang akan datang.

Karenanya, pihaknya sudah lakukan beberapa persiapan untuk menyongsong wisatawan dari mulai pembenahan sarana sisi dalam sampai ruang parkir.

Pihaknya membidik 120. 000 wisatawan akan berkunjung ke tempat wisata itu pada Libur Lebaran 2018, serta tujuan kunjungan itu diawali di hari Lebaran sampai H+15.

Pihaknya juga bekerja bersama dengan pihak kepolisian serta pihak berkaitan yang lain, untuk tingkatkan keamanan di ruang tempat wisata waktu libur Lebaran 2018 untuk memunculkan perasaan aman serta nyaman buat wisatawan yang bertandang ke Barurraden.

Ramadan serta Lebaran Pengamat Pariwisata Kampus Jenderal Soedirman, Chusmeru, menyampaikan pengelola objek pariwisata butuh memakai momentum bulan Ramadhan untuk tingkatkan jumlahnya kunjungan wisatawan.

Walau bulan puasa, kegiatan wisata umumnya masih bisa berjalan, walau tidak semua objek serta daya tarik wisata bisa di tawarkan waktu Ramadan, terutamanya wisata kuliner pada siang hari.

Dia menuturkan, waktu pagi sampai sore umumnya akan digunakan untuk ngabuburit, sedang malam hari umumnya dipakai untuk wisata kuliner serta berbelanja.

jadwal kapal pelni sinabung januari 2019
jadwal kapal pelni dorolonda 2019

jadwal kapal pelni sinabung april 2019

Tempat wisata yang umum didatangi pagi sampai sore, diantaranya wisata religi di masjid yang mempunyai nilai histori serta budaya, gedung bioskop, perpustakaan atau galeri, museum, fasilitas rekreasi, dan lain-lain.

Sedang saat malam hari, beberapa tempat seperti pusat kuliner serta pusat belanja akan ramai didatangi.

Karenanya, manfaat menarik minat wisatawan, jadi pengelola tempat wisata butuh memerhatikan beberapa hal.

” Pertama, supaya membuat situasi Ramadan di semasing objek. Contohnya dengan mempersiapkan keringanan buat wisatawan untuk menggerakkan beribadah salat, dengan membenahi atau meningkatkan tempat salat di tempat wisata, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *